Perbedaan FCL Dan LCL Dalam Muat-Bongkar Barang Kontainer

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyaman dan ketenangan Anda dalam berbisnis.

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyaman dan ketenangan Anda dalam berbisnis.

Pengiriman barang menjadi proses pemindahan barang ke tempat lain, dimana prosesnya dengan tenaga manusia atau dengan alat transportasi. 

Pengiriman barang dengan transportasi laut, biasanya barang dikirim dengan kapal kargo dengan cara dimasukkan ke kontainer. Ada 2 istilah pada proses pengiriman kontainer lewat jalur laut yaitu FCL dan LCL.

Sebagian masyarakat mungkin mengetahui tentang pengiriman barang, tapi beberapa orang belum tahu detail perbedaan FCL dan LCL.

FCL dan LCL merupakan pengiriman lewat jalur laut, namun kedua hal ini mempunyai beberapa perbedaan. Perbedaannya yakni berbeda di segi definisi atau prakteknya. Simak perbedaan FCL dan LCL dalam muat bongkar barang container di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan FCL?

FCL merupakan singkatan dari Full Container Load, yaitu container muatan penuh. Dilihat dari definisinya mungkin telah tertebak apa yang dimaksud dengan FCL. 

FCL adalah layanan angkutan container dimana barang pemilik ada di satu container penuh, tanpa perlu ada campuran barang milik orang lain.

Keuntungan FCL

Berikut merupakan 2 keuntungan FCL yang perlu kalian ketahui, antara lain:

a.     Hemat Biaya dan Cepat

Keuntungan FCL yang pertama yakni dari segi kecepatan waktu pengiriman dan biaya yang akan dikeluarkan. Pengangkutan dengan FCL menjadi solusi lebih hemat biaya saat pengiriman barang. Pengiriman barang FCL tak hanya memberi solusi hemat biaya untuk hal ruang namun juga dari segi waktu. Yang pasti, 2 faktor ini memainkan peran terpenting ketika biaya pengiriman.

b.     Barang Datang Bersamaan

Salah satu keuntungan FCL yakni jika semua barang yang kalian kirim akan masuk ke dalam 1 tempat. Hal ini membantu pengirim jika ingin mengirim barang kargo dengan jumlah besar dalam 1 perjalanan. Barang dapat terhindar dari adanya risiko tertukar dengan barang pengirim lainnya. Tak hanya itu, hal ini membuat proses transfer lebih cepat dan pembongkaran juga lebih mudah.

Apa yang dimaksud dengan LCL?

Setiap pengirim pastinya menginginkan tarif yang murah pada pengiriman barangnya. Salah satu caranya yakni dengan kirim secara LCL. 

Less Container Load atau LCL ini merupakan kebalikan dari FCL, dimana LCL yakni muatan container yang lebih sedikit. Kalian wajib tahu hitungan dimensi kargo yang akan diterima. 

Keuntungan LCL 

Keuntungan LCL yang bisa kalian nikmati antara lain:

a.     Tarif Kompetitif 

Memilih pengiriman LCL menjadi solusi tepat jika kalian ingin mengirim barang yang kecil dan apabila ingin menekan pada biaya angkut. Hal ini disebabkan LCL akan menggabungkan muatan kalian dengan barang pengirim lainnya, sehingga kalian hanya perlu membayarkan sesuai besar muatan kalian. Cara mengetahui tarif LCL container yang perlu dibayar yakni lewat perhitungan per kubik di bawah ini: 

P X L X T: 1000000 = Hasil. 

Contohnya: Ada barang mempunyai lebar 200 cm, panjang 200 cm, dan tinggi 200 cm. Untuk cara menghitungnya yakni: 

200 x 200 x 200: 1000000 = 8

Maka jumlah kubik dari barang yang dikirim yakni sebesar 8 kubik (8M3).

b.     Pengangkutan Lebih Fleksibel 

Sebab pengangkutan LCL akan menggabungkan muatan dari berbagai pengirim secara bersamaan, waktu pengiriman LCL ini cenderung lebih fleksibel. 

Apabila kalian ingin menggunakan LCL, kalian perlu bersedia untuk menunggu kontainer penuh dengan muatan lainnya dahulu sebelum pengiriman nantinya berangkat. 

***

Nah, begitulah perbedaan dan keuntungan dari metode FCL dan LCL. Pastikan Anda memilih metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman kontainer. 

Mau FCL atau LCL, pilih mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Layanan FCL adalah impian semua pebisnis karena menandakan bisnis berkembang pesat, sehingga kontainer penuh dengan paket atau barang Anda sendiri, tanpa ada campuran barang dari mitra lain. 

Apabila, ada kendala atau pertanyaan, silakan  menghubungi beberapa kantor cabang PT INTI DUTA LOGISTIK melalui Whatsapp: +62811-7565-676.

HUBUNGI KAMI SEKARANG

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyamanan dan ketenangan bisnis Anda.