Cara efektif Mengelola Stok Barang di Warehouse

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyaman dan ketenangan Anda dalam berbisnis.

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyaman dan ketenangan Anda dalam berbisnis.

Aktivitas bisnis tak pernah lepas dari beragam hal yang mendorong kelancaran bisnis tersebut. Utamanya pada rantai pasokan barang atau pengiriman barang, pastinya hal ini harus diperhatikan supaya roda bisnis bisa tetap berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, dalam mengelola warehouse pengiriman paket penting supaya pasokan barang sampai arus barang bisa terjaga dengan baik. Lalu, bagaimana cara mengelola warehouse pengiriman paket demi kelancaran arus logistik barang di bisnismu? 

1. Siapkan data dengan akurat

Hal pertama harus kamu lakukan adalah mencatat produk atau barang yang ada warehouse milikmu. Catatan dapat seperti pencatatan daftar barang, jenis barang, arus masuk atau keluar barang di gudang, kategori barang, dan sebagainya.

Tujuan utama dari pencatatan ini yakni supaya arus barang bisa tercatat dengan baik sehingga bisa mengatur bagaimana perputaran barang dari gudang ke proses pengiriman. 

2. Beri kode barang

Cara kedua yakni kamu bisa memberikan kode pada setiap barang yang ada di gudang. Dengan memberikan kode pada barang di warehouse, pastinya hal ini akan mempermudah dalam mencari barang yang akan dikirim, pencatatan barang, sampai saat melakukan riset pada produk supaya dapat menentukan keputusan strategis untuk pemasaran berikutnya.

3. Pisah stok barang lama dengan stok baru

Cara mengelola warehouse pengiriman paket ini efisien yakni dengan memisah stok barang lama dengan stok barang baru yang masuk pada gudangmu. Cara ini harus dilakukan supaya stok barang tidak akan tercampur yang memungkinkan tidak efisiennya arus distribusi barang.

Tak hanya itu, dengan memisah stok barang lama dengan stok barang baru, maka kamu bisa memprioritaskan barang yang telah kamu pilih untuk didistribusikan dahulu supaya barang tersebut tak rusak atau dapat mengurangi kerugian akibat dari belum terdistribusinya stok barang lama tadi.

4. Pantau arus logistik pengiriman barang

Terakhir, yang tidak kalah penting dalam mengelola warehouse pengiriman paket yakni dengan memantau arus logistic pada pengiriman barang. Arus barang yang masuk atau keluar pada warehouse pastinya memainkan peran utama dalam mengelola stok barang yang ada di gudang tersebut.

***

Nah, INTI DUTA LOGISTIK  bisa menjadi solusi jasa ekspedisi via darat dan laut dengan harga yang lebih bersahabat bagi pebisnis. Dengan lancarnya arus logistik dari gudangmu, maka supply chain di perusahaan bisa memberikan manfaat yang baik dalam keberlangsungan roda bisnismu sendiri. 

HUBUNGI KAMI SEKARANG

Percayakan kiriman Anda kepada INTIDUTA LOGISTIK untuk kenyamanan dan ketenangan bisnis Anda.